Recents

Tuesday, April 14, 2015

Hari Kesembilan Prakerin

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Jumpa dengan di blog saya, Iman Agus Trianto. Yap, kali saya akan posting hari kesembilan saya prakerin di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Yuk Mari disimak.


- Biefring (Pengarahan)




Pada tanggal 10 April 2015, seperti biasa di pagi hari selalu ada biefring dari Pak Bos Vavai. Dalam biefring tersebut membahas lanjutan kemarin, yaitu Rencana Target. Pak Bos memberikan arahan bahwa kita harus punya target. Pak Bos juga membahas pembahasan job masing-masing. Dari Pak Bos kami diberikan tugas.

Fajar diberikan tugas menggunakan VMWare vSphere version 6.0, Anshar diberikan tugas menggunakan Linux Mint 17.1 Mate Rebecca, sedangkan saya diberikan tugas konfigurasi Zimbra Mail menggunakan CentOS 7.

Sebenarnya saya ingin menggunakan CentOS 6.6, namun kata Pak Bos itu udah kadaluarsa. Yaa maksudnya udah versi lama, Jadi saya diberi tugas untuk menggunakan CentOS yang versi baru yaitu, CentOS 7. Seperti kata Pak Bos pada saat kita memulai hari pertama prakerin yaitu, berani melakukan hal-hal yang baru dalam arti yang sangat bermanfaat dan positif.


- Shalat Jum'at

Karena kebetulan hari tersebut adalah hari Jum'at dan sebagai seorang lelaki sudah berkewajiban menjalankan shalat Jum'at di Masjid. Kami semua meninggalkan markas dan pergi ke masjid untuk menuaikan ibadah shalat Jum'at. Kebetulan Team Excellent laki-laki semua, jadi semuanya pergi ke Masjid. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an dalam Surah Al-Jumu'ah ayat 9 yang artinya:

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menuaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al-Jumu'ah: 9)

Dan juga perintah dari Rasullullah SAW dalam Hadits:

"Shalat Jum'at itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjamaa'ah, kecuali empat golongan yaitu budak, wanita, anak kecil dan orang yang sedang menderita sakit." (HR. Abu Daud dan Al-Hakim, Hadits Shahih).


- Belajar dan Ngoprek




Karena belum terbiasa dengan CentOS 7, saya melihat ada perbedaan antara CentOS 6.6 dengan CentOS 7. Seperti konfigurasi network, di CentOS 6.6 konfigurasi network menggunakan "eth0" sedangkan di CentOS 7 tergantung nama interfacenya (untuk mempermudah tekan "Tab" saja untuk mengetahui interface yang digunakan). Contoh interface saya yang digunakan "enpos3", mungkin yang lain berbeda, tidak sama dengan interface saya.

Saya mencari tahu di google untuk menggunakan interface "eth0", alhasil ketemu. disitu saya ngoprek sesuai tutorial yang saya temukan (mungkin saya akan buat tutorialnya nanti hehe). Setelah bisa, saya menggunakan panduan yang ada di Modul dan melihat blog Mas Ahmad. (Kebetulan pas saya cari di google, ketemu tuh blognya Mas Ahmad). Saya mencoba konfigurasi DNS dahulu namun belum berhasil, karena hari semakin sore dan matahari sudah terbenam di ufuk barat (halah bahasanya ahaha).

Akhirnya saya pulang kerumah bareng Fajar, mungkin saya akan lanjutkan dirumah karena hari Sabtu-Minggu tidak ada Training di Markas, jadi tidak lembur deh (akhirnya ada libur juga Sabtu-Minggu ahaha). Insya Allah, saya akan manfaatkan libur tersebut untuk belajar.


Sepertinya cukup sekian hari kesembilan saya prakerin di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Nunggu saja kelanjutan di hari-hari berikutnya yaaa hehehe.


Wassalamu'alaikum.wr.wb.

0 komentar:

Post a Comment