Recents

Sunday, September 13, 2015

Install dan Konfigurasi PIKA Billing

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Hi all, disini saya akan posting laporan project warnet saya, yaitu Billing. Warnet FBI-Net milik kami ini menggunakan billing Pika Billing. Alasan kami menggunakan Pika Billing ini karena Pika memiliki fungsi-fungsi yang dapat memudahkan operator dalam memanajemen user/clientnya. Selain itu, Pika Billing merupakan billing yang Free atau gratis. Pengen tahu cara install dan konfigurasi PIKA Billing pada warnet kami? Yuk langsung ke topik.



A. Instalasi Pika Billing Server

1. Unduh terlebih dahulu paket Pika Billing untuk Server maupun Client di http://www.pikawarnet.com/_download/billing.jsp. Tahap pertama kita akan melakukan istalasi Pika Billing untuk server terlebih dahulu.



2. Buka paket instalasi tersebut untuk melakukan instalasi Pika Billing. Kemudian akan muncul jendela instalasi Pika Billing, klik Next untuk melanjutkan.



3. Selanjutnya tampil jendela persetujuan lisensi. Klik Yes untuk melanjutkan.



4. Kemudian jendela tujuan instalasi dari Pika Billing tersebut. Secara default akan diinstall pada direktori C:\Program Files\PikaBilling, kemudian klik Next.



5. Pilih folder kategori program Pika Billing ini. Secara default adalah Accessories. Kemudian klik Next.


6. Instalasi Pika Billing sedang berjalan, tunggu hingga proses selesai.




7. Jika instalasi telah selesai, tutup jendela instalasi tersebut. Buka program Pika Billing untuk server. Pastikan anda sudah mendaftarkan warnet anda pada website http://www.pikawarnet.com/. Selanjutnya login menggunakan Pika ID dan password Pika Billing warnet anda.



8. Pastikan anda sudah terkoneksi ke internet ketika log in, karena Pika Billing akan melakukan update dari internet. Tunggu hingga proses update selesai.



9. Kemudian akan muncul jendela pengaturan untuk Server Pika Billing. Pertama kita diperintahkan untuk mengisi informasi warnet. Jika sudah mengisinya klik Berikutnya.



10. Selanjutnya pengaturan disisi client nya. Kita dapat mengatur jumlah komputer yang ada beserta IP Addressnya. Disini kami mempunyai 10 PC, 9 untuk client dan 1 untuk operator. Operator menggunakan 192.168.69.10 dan IP PC1 192.168.69.11 dan seterusnya terurut sampai PC 9.



11. Kemudian adalah menentukan harga/tarif warnet yang tanpa menggunakan paket. Atur sesuai dengan keinginan anda. Jika sudah klik Berikutnya.



12. Kita juga dapat mengatur paket bermain warnet. Pilih ya jika ingin mengaktifkan paket tersebut kemudian klik Apply. Jika sudah klik Berikutnya



13. Kemudian mengatur paket jam, kami tidak mengatur paket jam ini. Maka dari itu kami pilih Tidak, kemudian klik Apply dan klik Berikutnya.



14. Tahap selanjutnya adalah set kode billing. Warnet kami tidak menggunakan fitur tersebut maka kami pilih Tidak. Jika sudah klik Apply dan Berikutnya.



15. Kemudian  melakukan set paket member. Karena warnet kami baru, dan belum mengetahui kondisi serta keinginan client, maka kami tidak melakukan setting ini. Apply dan klik Berikutnya.



16. Kemudian tahap nomor 4 yakni set fitur utama. Kami memilih Ya pada tahapan ini, karena dapat memudahkan client yang ingin bermain. Jadi client tidak harus datang ke operator apabila ingin bermain. Beri centang pada Setting backup DB, ini berguna agar data client yang bermain warnet terbackup apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mati listrik. 



17. Instalasi Pika Billing server telah selesai. Klik Selesai.



18. Selanjutnya akan muncul tampilan berikut, Pilih Ya.



19. Muncul tampilan berikut, klik saja Confirm maka akan masuk ke Server Billing.



20. Seperti inilah tampilan Pika Billing Server yang digunakan oleh operator warnet.




B. Instalasi Pika Billing Client

1. Buka paket instalasi tersebut untuk melakukan instalasi Pika Billing. Kemudian akan muncul jendela instalasi Pika Billing, klik Next untuk melanjutkan.



2. Selanjutnya tampil jendela persetujuan lisensi. Klik Yes untuk melanjutkan.



3. Klik Next untuk Current Settings.



4. Instalasi Pika Billing sedang berjalan, tunggu hingga proses selesai.



5. Setelah selesai, klik OK.



6. Un-chek Install PIKA Blok Situs, karena di warnet kami sudah menggunakan Server Proxy  IPFirejadi tidak usah diinstall dan klik Lanjutkan. Maka proses installasi pika client selesai.



C. Langkah Mulai Bermain

A. Bermain Melalui Operator

1. Apabila ada client yang ingin bermain, ada 2 metode yang dapat dipilih. Pertama lewat operator dengan berbagai pilihan paket, dan langsung melalui PC client nya sendiri. Jika melalui operator, centang terlebih dahulu PC yang akan bermain, kemudian klik kanan dan pilih opsi bermain client. Pada gambar, client main dengan paket durasi 2 jam.



2. Jika PC1 telah berhasil dimulai maka status akan berubah menjadi digunakan.



3. Maka di client akan memulai waktu paket durasi 2 jam.





B. Bermain Personal (langsung melalui client)

1. Jika bermain personal kita tidak perlu repot-repot datang ke operator, langsung saja melalui PC Client maka kita dapat bermain. Untuk client pastikan sudah menginstal PikaClient, instalasinya sangat mudah. Jika sudah melakukan instalasi, jalankan AutoStarter.exe dan pastikan PikaClient otomatis berjalan pada saat komputer booting.



2. Setelah masuk ke Pika Billing pada client, hubungkan PikaClient ke PikaServer yang berada di PC Operator. Jika sudah terhubung maka akan tampil seperti berikut. Apabila kita ingin bermain personal, pilih Login bebas Nonmember.



3. Kemudian akan tampil pilihan Personal yaitu dengan tarif Rp.3000/jam. Klik Mulai untuk mulai bermain.



4. Klik OK.



5. Karena Pika Billing ini buatan Netmarble, maka pada saat pertama kali masuk akan diarahkan ke Fanspage Facebook Netmarble Indonesia.



6. Jika anda telah bosan bermain dan ingin mengakhirinya, klik logout pada kolom PikaBilling.



7. Klik OK.



8. Maka anda akan keluar dan kembali ke tampilan Pika Billing, jangan lupa membayar ke operator karena komputer dapat digunakan lagi setelah client membayar. 



9. Jika client telah selesai bermain, maka status yang terlihat pada operator akan berubah menjadi Bayar. Jika client membayar, beri centang pada PC yang akan melakukan pembayaran kemudian klik kanan dan pilih Bayar.



10. Total yang harus dibayar client yaitu pada kolom Jumlah Hitung, jika client sudah melakukan pembayaran klik Bayar.



Semoga Bermanfaat

Terima kasih

Wassalamu'alaikum.wr.wb.

0 komentar:

Post a Comment