Recents

Tuesday, April 14, 2015

Cara Konfigurasi Network Menggunakan "eth0" di CentOS 7

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Jumpa lagi dengan saya, Iman Agus Trianto. Setelah sebelumnya saya akan membahas postingan Installasi CentOS Server 7, kali ini saya akan memposting konfigurasi network menggunakan "eth0" di CentOS 7. Penasaran gak nih? Daripada bertele-tele, yuk mari disimak postingan saya berikut ini.



- Langkah Kerja

1. Secara default di CentOS 7, interface network bukan "eth0" melainkan yang lain. Kalau disini saya menemukannya "enpos3". Masing-masing interface network mungkin berbeda tidak selalu "enpos3". Tekan "Tab" saja untuk mengetahui interface network apa yang digunakan.



2.  Untuk melihat hasil konfigurasi network itu secara default di CentOS 7 adalah # ip a bukan # if config.



3. Apabila melihat hasil konfigurasi menggunakan # ifconfig maka tidak ada.



4. Untuk melihat hasil konfigurasi network menggunakan ifconfig, install dahulu packagenya # yum install net-tools -y.



5. Tunggu proses install package hingga selesai.



6. Coba lihat konfigurasi network menggunakan # ifconfig. Terlihat sudah ada hasil konfigurasi network yang telah dilakukan.



7. Untuk menggunakan interface eth0, tambahkan file net.ifnames=0 biosdevname=0 di /etc/default/grub di bagian GRUB_CMDLINE_LINUX.



8. Update grub dengan perintah # grub2-mkconfig -o /boot/grub2/grub.cfg.



9. Pindahkan isi file yang berada di enpos3 ke eth0.



10. Restart sistem.



11. Cek kembali apakah sudah berubah menjadi eth0, terlihat sudah terubah menggunakan eth0.



12. Konfigurasi network di eth0 seperti biasa.



13. Matikan dan non-aktifkan NetworkManager.



14. Lihat apakah sudah tidak aktif NetworkManagernya.



15. Restart interface network.



17. Lihat hasil konfigurasi yang sebelumnya telah dilakukan di # ifconfig.



18. Saya mencoba test koneksi ke gateway, google, dan blog saya.



Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat.
Tunggu tutorial selanjutnya dari postingan saya.


0 komentar:

Post a Comment