Recents

Tuesday, April 14, 2015

Installasi CentOS Server 7

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Jumpa lagi dengan saya, Iman Agus Trianto. Pada postingan ini, saya akan membahas Installasi CentOS Server 7, karena saya mendapat materi soal Zimbra Mail Server menggunakan CentOS Server 7 untuk laporan. Oke langsung saja disimak pembahasan postingan ini.




1. Pengenalan CentOS

CentOS (Community ENTerprise Operating System) adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

RHEL merupakan distribusi linux berbayar yang menyediakan akses terhadap update atas perangkat lunak dan beragam jenis dukungan teknis. Distribusi linux ini sebenarnya merupakan gabungan dari sejumlah perangkat lunak yang didistribusikan dibawah Lisensi perangkat lunak bebas dan kode sumber atas paket perangkat lunak ini dirilis ke publik oleh Red Hat sebagai bagian dari kesepakatan dalam lisensi yang digunakan.

Para pengembang CentOS menggunakan kode sumber dari Red Hat, dikompilasi dengan tujuan membuat sebuah produk final yang sangat mirip dengan RHEL. Semua hal-hal yang berkaitan dengan merek dagang ataupun logo kemudian diubah disebabkan Red Hat tidak mengijinkan mereka untuk mendistribusikan ulang logo tersebut.

CentOS tersedia secara gratis, dukungan teknis utamanya disediakan terhadap para pengguna melalui milis, forum berbasis web, ataupun chat. Proyek CentOS tidak berafiliasi dengan Red Hat, sehingga proyek CentOS berjalan tanpa mendapatkan bantuan apapun dari Red Hat. Untuk penggalangan dana, CentOS berbasis donasi dari para pengguna serta sponsor dari perusahaan-perusahaan yang menggunakannya.


2. Persiapan

1. ISO CentOS 7 X86_64, apabila belum mempunyai kalian bisa download mirror masing-masing negara: http://mirror-status.centos.org/.

2. Burning ke CD/DVD ISO CentOS 7 atau bootable ke Flashdisk.


3. Langkah Kerja

Pilih "Instal CentOS 7".



Pilih bahasa yang digunakan untuk OS CentOS 7, disini saya memilih bahasa Inggris lalu "Continue".



Pilih "Date & Time".



Pilih benua dan kota, saya memilih benua "Asia" dan "Jakarta" lalu klik "Done".



Pilih "Installation Destination".



Pilih harddisk digunakan dan jenis partisi yang dilakukan. Disini saya memilih jenis partisi "Automatically configure partitioning" karena secara otomatis dikonfigurasi oleh sistem.



Biarkan yang lain secara default lalu klik "Begin Installation"



Disaat memulai installasi ada konfigurasi "Root Password" dan "User Creation". Pilih dahulu "Root Password".



Masukkan password root dan confirm password root lalu klik "Done".



Kemudian pilih "User Creation" untuk membuat user.



Masukkan "Full name, Username, Password, Confirm Password" lalu klik "Done".



Klik "Finish configuration".



Tunggu proses hingga selesai.



Setelah proses selesai, klik "Reboot".



Masuk dengan root beserta password root, installasi CentOS 7 telah selesai.



Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat.
Tunggu tutorial selanjutnya dari postingan saya.


Wassalamu'alaikum.wr.wb.

0 komentar:

Post a Comment