Recents

Tuesday, April 14, 2015

Hari Kedelapan Prakerin

Assalamu'alaikum.wr.wb.


Jumpa lagi dengan saya, Iman Agus Trianto. Hari ini saya kan posting prakerin hari kedelapan PT. Excellent Infotama Kreasindo. Yuk Mari disimak.


- Biefring (Pengarahan)




Pada tanggal 09 April 2015, seperti biasa di pagi hari selalu ada biefring dari Pak Bos Vavai. Dalam biefring tersebut membahas sebagai berikut:

1. Training 
2. Job Masing-masing
3. Rencana/Target

1. Training

Seperti yang dikatakan oleh Pak Bos, selalu ada evaluasi terhadap sesuatu masalah. Masalah kali ini adalah berkaitan dengan kemarin, yaitu Training Zimbra Mail Server : Fundamental & Medium, 4-5 April 2015 dan Training Mastering Zimbra (Advanced Configuration & Multi Server), 6-8 April 2015.

Evaluasinya adalah masalah persiapan sebelum training. Kita harus mengecek ada yang kurang atau tidak seperti, Notes Excellent dan Jumlah Kaos Excellent untuk para peserta training. Dan juga masalah makanan.

2. Job Masing-masing

Pak Bos juga membahas job masing-masing. Kami disuruh membuat pertanyaan untuk job kita yang sebelumnya sudah dipilih. Saya membuat pertanyaan untuk materi Zimbra, Fajar membuat pertanyaan dengan materi VMWare vSphere, sedangkan Anshar membuat pertanyaan untuk materi LTSP. 

Kami bertiga juga belum mengetahui tentang pengetahuan job yang dipilih oleh kita. Maka dari itu lah Pak Bos meminta untuk membuat pertanyaan yang terbenak dipikiran kita tentang job tersebut. Berikut pertanyaan saya mengenai Zimbra ada 15 soal yang terbenak dipikiran saya:

1. Sejarah Zimbra
2. Siapa Penemu Zimbra?
3. Apa saja kegunaan Zimbra?
4. Apa saja OS Linux yang telah support Zimbra?
5. Apakah di OS WIndows bisa install dan konfigurasi Zimbra?
6. Bagaimana install dan konfigurasi Zimbra?
7. Apa yang dilakukan setelah installasi dan konfigurasi Zimbra?
8. Apa saja spesifikasi hardware untuk installasi Zimbra?
9. Apa saja software dipersiapkan untuk installasi Zimbra?
10. Apa saja kelebihan dan kekurangan Zimbra?
11. Bagaimana cara membuat user di Zimbra?
12. Bagaimana cara mengirim email dari user satu ke user yang lain pada Zimbra?
13. Apa saja keuntungan bagi perusahaan yang menggunakan Zimbra?
14. Apa saja troubleshoot yang sering ditemukan oleh Zimbra?
15. Apabila menemukan trouble tersebut, cara mengatasi trouble tersebut bagaimana?

Gambar Pertanyaan
Disitu juga kami diajarkan oleh Pak Bos harus inisiatif, jadi jangan hanya menanya saja tapi tidak dicari mencari informasi tersebut.

Biefring pada hari tersebut hanya sampai nomor 2 saja, mungkin yang nomor 3 (dilanjutkan esok hari, yaitu pada hari Jum'at).


4. Belajar

Setelah membuat pertanyaan tersebut, saya juga berusaha mencari jawaban apa yang dipertanyakan. Karena ada modulnya, saya berusaha memahami dan mempelajari modul yang ada. Modul tersebut lumayan banyak lembarnya, jadi tidak mungkin mempelajari dan memahami dalam satu hari satu malam hehehe.


5. Membeli Makanan untuk Pak Bos

Saya kebetulan diajak oleh Mas Ricky untuk membeli makanan untuk Pak Bos, yaitu: Gabus 2. dan Belut 5. Yaudah saya ikut saja supaya tahu tempatnya (maklum belum sepenuhnya tahu daerah Bekasi Timur hehe). Di dalam perjalanan, saya dikasih tahu oleh Mas Ricky Pasar Proyek tuh dimana, sementara Fajar dan Anshar sudah mengetahui Pasar Proyek dan jadi pasar proyek itu disamping Lotte Mart yang gang kecil. 

Alhamdullillah akhirnya tahu juga hehe. Disaat mencari tempat makanan yang disuruh Pak Bos, saya dan Mas Ricky nyasar hingga Summarecon. Kata Mas Ricky, dia tidak menyadari ngendarain sampai Summarecon hahaha. Yaudah kami balik lagi mencari tempat makanan tersebut. Alhasil ketemu juga, Alhamdulillah.

Gambar Rumah Makan Sunda


6. Ngoprek

Sesudah membeli makanan untuk Pak Bos, sesampainya di markas, saya mencoba mengkonfigurasi Zimbra untuk job saya di OS CentOS 6.6. Saya mencoba menkonfigurasi DNS sebelum menginstall dan menkonfigurasi Zimbra. Namun belum berhasil menkonfigurasi DNS. Hari semakin sore, dan matahari semakin terbenam dan saya juga sudah mulai lelah, akhirnya pun saya pulang ke rumah bareng dengan Fajar.


Sepertinya cukup sekian hari kedelapan saya prakerin di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Nunggu saja kelanjutan di hari-hari berikutnya yaaa hehehe.


Wassalamu'alaikum.wr.wb.

0 komentar:

Post a Comment