Recents

Monday, June 15, 2015

Membuat VM di Proxmox VE 3.4

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Hi all, jumpa lagi dengan saya Iman Agus Trianto. Masih di topik virtualisasi, kali saya akan posting membuat VM pada Proxmox VE 3.4. Langsung saja ke topik.



A. Bahan

1. Proxmox VE yang sudah terinstall.
2. ISO OS
3. Web Browser


B. Langkah Kerja

1. Masuk ke browser, ketik URL https://192.168.100.165:8006. Login sebagai root beserta password root.



2. Pilih storage local lalu Create VM.



3. Pilih tab General lalu pada Name berikan nama VM.



4. Pilih tab OS, disini ada beberapa pilihan OS sama halnya di VMware atau VBOX. Saya memilih Other OS



5. Pilih tab CD/DVD, centang pada Use CD/DVD disc image file (.iso) karena menggunaka file ISO. klik ISO Image, masukkan file ISO nya dalam hal ini saya memasukkan ISO FreeNAS kemudian klik Next.



6. Pilih tab Hard Disk, masukkan size hard disk yang ingin dipakai.



7. Pilih tab CPU, disini saya menambahkan socket untuk prosesor menjadi 2.



8. Pilih tab Memory, saya memasukkan memory sebesar 512 MB.



9. Untuk Network, saya memilih NAT mode.



10. Pilih Finish pada tab Confirm.



11. Setelah selesai, klik kanan pada VM lalu Start.



12. Klik Console untuk membuka layar VM.



13. Maka akan muncul Failed to connect to server, namun jangan khawatir karena sudah ada solusinya.



14. Pilih pada tab Options, terlihat KVM hardware virtualization masih aktif.



15.  Klik kanan KVM hardware virtualization Hilangkan tanda centang pada KVM hardware virtualization.



16. Matikan VM yang sedang berjalan dengan klik kanan lalu Shutdown.



17. Jalankan VMnya dengan pilih Start.



18. Klik Console.



19. Terlihat VM sudah bisa konek ke server, lakukanlah installasi seperti biasa.



Semoga Bermanfaat

Terima kasih

Wassalamu'alaikum.wr.wb.

0 komentar:

Post a Comment