Recents

Thursday, December 11, 2014

Drive di Harddisk Simple Volume?



Assalamu'alaikum.wr.wb.

Disini saya akan share pengalaman saya dan memberikan tips mengenai Drive di Harddisk berubah menjadi Simple Volume atau status tidak ada pada drive tersebut.

Di Windows saya mempunyai 3 partisi, saya ingin bikin partisi baru buat linux untuk dual boot. Tapi berubah menjadi sepeti ini. 


Pada saat itu saya belum mengetahui apa maksudnya, jd saya langsung masuk booting untuk menginstall linux. Tapi apa yang terjadi? Free Space pada harddisk tidak terbaca. Saya baru ingat jenis partisi maximum 'Primary' itu 4, jadi apabila ingin dual boot menggunakan linux harus ada 2 partisi letter pada Windows Explorer karena 'Primary' juga masuk pada System Reserved di Windows, jadi total ada 3 jenis partisi 'Primary' pada Windows. 

Apabila ingin inul (install ulang) Windowsnya maka tidak akan bisa, karena pada saat itu drive berubah menjadi 'Dynamic' dan Windows tidak mau memformat, extend, ataupun yang lainnya. Harus di convert ke 'Primary' terlebih dahulu.

Nah tipsnya berikut, jenis softwarenya adalah berikut Dyamic Disk Converter Full.

Cara menggunakannya mudah:

1. Download softwarenya disini: Download Here

2. Ekstrak terlebih dahulu, password RAR sudah saya masukkan di WinRAR kemudian install.

3. Buka aplikasinya, pilih method 1 agar data yang di harddisk tidak terhapus.


4. Beri tanda ceklist pada bagian hard disk yang ingin di konversi menjadi Basic/Primary, jika kalian memasang 2 hard disk seperti gambar dibawah ini beri tanda ceklist dua-duanya. Hilangkan ceklist pada bagian "cek here if the selected disk".


5. Beri tanda ceklist pada "I have decide execute this operation"  dan pilih "Proceed" dan
tunggu hingga merestart.


6. Setelah selesai restart, lihat disk management maka drive akan berubah menjadi 'Primary' kembali.


Semoga Berhasil dan Bermanfaat!
Terima Kasih.

0 komentar:

Post a Comment